Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasi

Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasi, Vamilina.com– Gatal di selangkangan sering kali menjadi momok tidak hanya bagi wanita tetapi juga laki-laki. Gatal ini sangat mengganggu bagi kesehatan.

Apa sih penyebab gatal di selangkangan dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Utama Gatal di Selangkangan 

  • Radang Kulit

Dalam dunia kesehatan, radang kulit sering kali disebut dengan Intertigo atau dermatitis. Intertigo biasanya hanya menyerang pada bagian lipatan-lipatan tubuh seperti selangkangan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya luka pada lipatan-lipatan tersebut. Gejala awal radang kulit ini adalah warna kemerahan pada kulit seperti terbakar, kemudian akan muncul rasa gatal yang teramat sangat.

Penyebab utama radang kulit adalah gesekan yang terjadi antar kulit. Biasanya terjadi pada penderita obesitas.

Pada penderita obesitas, bagian paha akan sering sekali bergesekan, hal ini mengurangi oksigen atau udara pada lipatan tersebut.

Yang terjadi adalah kulit daerah lipatan paha akan panas, lembap, kemudian akan mulai terasa gatal dan semakin berwarna merah.

  • Infeksi Jamur

Penyebab yang kedua ini sering sekali menjadi penyebab utama dari gatal di selangkangan. Dalam dunia kesehatan infeksi jamur sering kali di kenal dengan tinea cruris.

Biasanya bagi penderita yang tidak memperhatikan kebersihan hingga kemaluan, akan menimbulkan jamur pada selangkangan. Pada dasarnya, daerah lipatan selangkangan tidak boleh dibiarkan dalam keadaan terlalu lembap.

Jamur ini akan terlihat dengan warna merah-kecoklatan hingga hitam dengan bentuk yang tidak beraturan.

Ketika berkeringat kulit akan terasa semakin gatal. Jika dibiarkan jamur akan membuat kulit semakin perih, bersisik, hingga mengelupas.

Bahkan bagian tengah pada luka terlihat seperti panu.

  • Infeksi Bakteri

Penyebab ketiga yang semakin berbahaya adalah infeksi bakteri. Hal ini bias terjadi ketika penderita tidak menggunakan air bersih untuk membilas kemaluan dan sekitarnya.

Bias juga terjadi ketika penderita tidak pernah menggunakan sabun untuk membersihkan daerah kemaluan dan tidak dikeringkan menggunakan handuk atau alat bersih lainnya. Atau jika penderita menggunakan celana dalam yang sama untuk beberapa hari.

Gejala awal terkena infeksi bakteri adalah selangkangan berwarna merah dan semakin hari semakin gatal hingga perih.

Kemudian akan membengkak dan terisi dengan nanah. Jika keadaan ini didiamkan saja, kelamaan rasa ini semakin parah hingga nyeri bahkan demam bagi penderita.

  • Scabies

Scabies adalah peradangan kulit yang disebabkan oleh kutu kemaluan. Harus diingat bahwa kutu pada kulit sering sekali mendiami tempat-tempat di tubuh seperti lipatan-lipatan, sela-sela perut, dan daerah sekitar kemaluan juga selangkangan.

Biasanya gejala ini semakin terlihat pada saat malam, rasa gatal akan sangat terasa pada saat malam hari atau saat beristirahat.

Penyakit ini juga bias menular. Penderita bisa saja tertular dari anggota keluarga atau akan menularkan ke anggota keluarga.

Cara Mengatasi

Jika sudah mengetahui penyebabnya, lalu bagaimana cara mengatasi atau menghindari penyebab tersebut. Ini dia informasinya.

  • Salep atau Cream Anti Jamur

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab gatel selangkangan adalah dengan menggunakan salep atau cream anti jamur. Anda bisa mendapatkan salep atau obat selangkangan di apotik terdekat.

Jika gatal pada penderita disebabkan oleh jamur, bisa menggunakan cream atau salep dengan teratur.

Hal ini akan mengurangi rasa gatal dan menyembuhkan luka secara perlahan. Bisa juga dengan menggunakan obat minum jika gatal terlalu parah.

  • Menjaga Kebersihan

Selain penggunan salep dan cream, obat alami gatal di selangkangan ialah menaga kebersihan. Penderita harus memperhatikan kebersihan di daerah kemaluan.

Harus diingat bahwa daerah kemaluan rentan terhadap jamur dan bakteri.

Setelah mandi atau buang air, usahakan untuk selalu mengeringkan bagian kemaluan dengan handuk bersih.

Jangan dibiarkan keadaan kemaluan lembap terlalu lama. Kelembapan ini akan memicu bau yang tidak sedap pada kemaluan dan muncul bakteri.

  • Menggunakan Pakaian Longgar

Bagi penderita khususnya wanita, kurangilah menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Perlu diketahui bahwa bagian dalam tubuh juga membutuhkan oksigen atau udara yang cukup.

Sehingga bagian terpenting seperti kemaluan tidak terlalu berkeringat dan lembap. Gunakanlah pakaian yang longgar terutama celana yang longgar agar udara masuk dengan baik.

  • Hindari Produk Kebersihan

Bila perlu penderita harus menghindari penggunaan produk-produk tertentu untuk mengharumkan atau memutihkan daerah selangkangan.

Produk-produk seperti ini akan membuat kulit iritasi. Tidak semua kulit cocok dengan bahan-bahan penggunaan produk tersebut.

Cukup bersihkan saja daerah kemaluan dan selangkangan dengan air hangat. Ari hangat cukup membantu untuk membunuh kuman-kuman pada daerah tersebut.

  • Kompres

Jika sudah terjadi gatal atau kemerahan, jangan menggaruknya secara berlebihan. Menggaruk hanya akan membuat luka atau gatal semakin parah dan perih.

Jika gatal muncul, kompreslah dengan menggunakan air es atau dingin. Dalam dunia kesehatan, air es membantu mengurangi rasa gatal maupun peradangan pada daerah-daerah tertentu.

Sudah tahukan apa saja penyebab gatal di selangkangan beserta cara mengatasi maupun menghindari gatal di selangkangan.

Penderita tidak perlu lagi takut akan gatal tersebut. Gunakan ulasan diatas untuk lebih menjaga kesehatan daerah sekitar kemaluan.


Sumber¹

Sumber²

 

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekatmu!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here