Cara Menghilangkan Masuk Angin dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Masuk Angin dengan Bahan Alami, Vamilina.com– Beragam cara menghilangkan masuk angin dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan penderitanya.

Meskipun bukan penyakit yang berat, masuk angin harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi penyakit ini sebenarnya tidak terlalu sulit.

Beberapa bahan makanan di rumah pun ternyata dapat membantu menghilangkan masuk angin tanpa adanya efek samping berlebih, seperti yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Cara Menghilangkan Masuk Angin dengan Bahan Alami

1. Konsumsi Buah dan Sayur yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C secara rutin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sehingga tubuhpun dapat terhindar dari serangan berbagai penyakit, salah satunya adalah masuk angin.

Jadi, jika tubuh mulai mengalami gejala masuk angin, sangat disarankan untuk memperbanyak pengonsumsian buah-buahan serta sayuran yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, jambu biji, apel, brokoli, dan paprika

2. Konsumsi Air Jahe

Bagi masyarakat Indonesia, mengonsumsi air jahe merupakan salah satu obat terbaik untuk mengatasi masuk angin.

Air atau wedang jahe biasa dikonsumsi sebagai penghangat tubuh dikala dingin dan cocok bagi penderita masuk angin yang selalu merasa kedinginan. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat dalam jahe ternyata memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Mengonsumsi air jahe secara rutin sangat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

3. Konsumsi Sup Ayam

Sup ayam tidak hanya memiliki rasa yang lezat, namun ternyata juga memiliki khasiat untuk meredakan gejala masuk angin.

Selain itu, sup ayam relatif aman untuk dikonsumsi bagi penderita masuk angin yang seringkali mengeluhkan lidah yang pahit serta perasaan mual dan ingin muntah.

Hal ini dikarenakan, sup ayam memiliki rasa yang ringan karena tidak menggunakan banyak bumbu.

Selain itu, kaldu ayam sendiri memang telah dikenal didunia medis memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, salah satunya adalah antioksidan, yang mampu bekerja dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Jadi tidak salah untuk memasukkan sup ayam dalam menu konsumsi penderita masuk angin untuk menurunkan gejala yang dirasakan. masuk angin efek peda

4. Konsumsi Teh Lemon dengan Madu

Obat tidak selamanya memiliki rasa yang tidak enak. Campuran teh lemon dan madu dapat dikonsumsi sebagai menu alternatif terbaik untuk mengatasi gejala masuk angin.

Bahan-bahan ini pun memiliki nilai nutrisi yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Teh memiliki efek menenangkan jika dikonsumsi hangat.

Selain itu, teh mengandung kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu menangkal senyawa asing masuk dalam tubuh.

Lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pula sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangkan madu memiliki kandungan nutrisi yang baik dan mampu bekerja dalam meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

Untuk hasil yang lebih optimal, konsumsi minuman hangat ini sebelum tidur sehingga ketika bangun tidur, tubuh terasa lebih bugar.

5. Kumur-Kumur dengan Larutan Baking Soda dan Garam

Larutan baking soda dan garam banyak dilakukan oleh masyarakat Jepang sebagai cara untuk mencegah dan mengatasi masuk angin.

Caranya adalah dengan melarutkan sedikit baking soda dan satu sendok teh garam dalam air hangat. Setelah itu, kumur-kumur dengan larutan ini sekali sehari setiap pagi hari.

Setelah itu, kumur kembali dengan air bersih untuk membilas dan menghilangkan rasa baking soda dan garam dalam mulut.

Berkumur dengan larutan baking soda dan garam memiliki khasiat dalam menghilangkan berbagai kuman penyakit yang terdapat dalam mulut.

Perlu diketahui, mulut merupakan pintu utama masuknya bakteri masuk dalam tubuh yang dapat memicu berbagai macam penyakit, salah satunya adalah masuk angin.

6. Kunyah Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata memiliki manfaat dalam mengatasi masuk angin.

Hal ini dikarenakan, bawang putih memiliki senyawa antibiotik alami untuk menghilangkan gejala masuk angin.

Selain itu, kandungan zat zatallicin yang terdapat pada bumbu dapur yang memiliki bau menyengat ini juga berkhasiat dalam mencegah tumbuhnya bakteri dan virus penyebab beragam penyakit dalam tubuh.

Penderita dapat mengunyah secara langsung bawang putih untuk merasakan khasiatnya bagi tubuh.

Jika tidak kuat dengan rasa dan aromanya yang menyengat, gerusan garam dapur dapat ditambahkan untuk sedikit menghilangkan rasa dan aroma menyengatnya.

7. Konsumsi Rebusan Daun Pepaya

Daun pepaya dikenal memiliki rasa yang pahit. Namun dibalik kepahitan rasanya, daun pepaya ternyata menyimpan beragam manfaat yang mampu bekerja dalam menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah mampu mengatasi gejala masuk angin.

Hal ini dikarenakan, daun pepaya memiliki senyawa-senyawa antibiotik yang cukup tinggi.

Untuk mendapatkan khasiatnya dalam mengatasi gejala masuk angin, rebus 4-5 lembar daun pepaya yang telah dicuci bersih sebelumnya dalam dua gelas air bersih.

Jika air telah berkurang setengahnya, air rebusan dapat langsung dikonsumsi.

Itulah beberapa bahan makanan yang mudah dijumpai di rumah yang mampu mengatasi gejala masuk angin. Untuk itu, jangan biarkan masuk angin terus dirasakan dalam tubuh.

Dengan cara menghilangkan masuk angin tanpa obat yang sederhana dan relatif terjangkau pun, penderita dapat kembali melanjutkan aktivitasnya dengan baik.

 


Sumber:

  • webmd.com¹
  • Hallosehat.com1
Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekatmu!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here