Cara Mengatasi Masuk Angin pada Bayi

Cara Mengatasi Masuk Angin pada Bayi, Vamilina.com– Beragam cara mengatasi masuk angin pada bayi dapat dilakukan tanpa memerlukan obat. Sayangnya, cara ini masih banyak belum diketahui oleh ibu sehingga penanganan masuk angin si kecil menjadi tidak efektif.

Lalu sebenarnya, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi masuk angin pada bayi yang sering membuatnya rewel ini? Berikut ulasan selengkapnya.

10 Cara Mengatasi Masuk Angin pada Bayi

1. Jaga Kondisi Si Kecil Agar Tidak Mengalami Dehidrasi

Pertolongan pertama yang dapat diberikan pada bayi yang sedang mengalami masuk kecil adalah dengan memberikan air putih hangat secukupnya.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah si kecil mengalami dehidrasi karena biasanya ia akan sulit untuk menerima susu.

Selain itu, untuk mencegah bayi mengalami mual dan muntah, gendong bayi dengan nyaman dan usahakan agar posisi kepala lebih tinggi dari tubuhnya.

2. Rawat Demam yang Dialami Si Kecil

Ketika mengalami masuk angin, suhu tubuh bayi biasanya akan meningkat dan mengalami demam.

Untuk mengatasinya, pemberian obat demam bayi dapat dilakukan sesuai dengan resep dokter.

Namun pemberian hanya diberikan hanya ketika demam si kecil terlalu tinggi, yakni di atas suhu 38 ºC.

Jika hanya demam ringan, penanganan dapat diberikan dengan pemberian ASI atau susu formula, memakaikan pakaian hangat, serta mengompresnya.

3. Atasi Masalah Hidung Tersumbat Si Kecil

Demam pada bayi biasanya diikuti pula dengan masalah hidung tersumbat. Hal ini biasanya membuat si kecil rewel karena sulit untuk bernapas.

Sebagai pertolongan pertama, pemberian ASI atau susu formula dapat dilakukan untuk mencegah buah hati mengalami dehidrasi.

Selain itu, beri istirahat yang cukup pada bayi dan jagalah suhu ruangan agar tetap hangat.

4. Pijat Tubuh Si Kecil

Sebagian besar kasus masuk angin pada bayi sering diakibatkan oleh karena kelelahan yang dapat membuat si kecil menjadi mudah rewel.

Untuk mengatasinya, pijatan lembut pada tubuh bayi dapat diberikan untuk membuatnya lebih rileks. Dengan otot tubuh yang semakin rileks, si kecil pun akan mudah untuk tertidur.

Jika ragu untuk memijatnya, ibu dapat menggunakan jasa pijat bayi terpercaya.

5. Mandikan Si Kecil Menggunakan Air Hangat

Ketika bayi si kecil sedang mengalami masuk angin, banyak ibu yang tidak berani memandikannya.

Padahal, cara ini salah dan membuat bayi menjadi tidak nyaman. Bahkan jika tidak dibersihkan, kotoran dan keringat akan masuk melalui pori-pori kulit yang dapat memicu penyakit yang lebih fatal.

Untuk itu, mandikan bayi menggunakan air hangat atau jika perlu, berikan uap hangat untuk membuat tubuhnya semakin nyaman.

6. Gunakan Humidifier dalam Kamar Si Kecil

Penggunaan AC di kamar ketika si kecil mengalami masuk angin merupakan pilihan yang tidak disarankan karena dapat membuat penyakitnya semakin parah.

Sebagai gantinya, gunakan humidifier untuk mengatur suhu kamar tidak terlalu dingin maupun panas.

Selain itu, penambahan aroma herbal dapat diberikan untuk membuat suasana ruangan menjadi nyaman. Namun jika bayi memiliki gejala alergi, sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter.

7. Buat Udara Sekitar Rumah Nyaman

Membuat udara sekitar rumah nyaman merupakan salah satu bentuk perawatan terbaik bagi bayi yang mengalami masuk angin.

Caranya adalah dengan membersihkan rumah secara rutin untuk menghindari berbagai potensi penyakit, seperti debu, tungau, dan sebagainya.

Tidak hanya untuk si kecil, lingkungan rumah yang bersih pun dapat membuat kualitas hidup keluarga menjadi lebih baik.

8. Biarkan Si Kecil Lebih Banyak Tidur

Dengan menambah porsi tidur si kecil ketika sedang mengalami masuk angin akan sangat membantu memulihkan kondisi kesehatannya.

Untuk membuat tidurnya semakin nyaman, buatlah posisi kepalanya lebih tinggi daripada biasanya.

Selain itu, pastikan untuk memberikan susu atau minuman hangat sebelum tidur sehingga tidurnya menjadi nyenyak dan tidak mudah terbangun.

9. Pijat Tubuh Si Kecil dengan Bawang Merah Halus

Pemijatan tubuh bayi dengan bawang merah halus sudah dilakukan sejak zaman dahulu dan terbukti efektig untuk mengatasi masuk angin yang dialami.

Hal ini dikarenakan, bawang merah mengandung berbagai senyawa yang dapat menghangatkan tubuh bayi dan mencegah terjadinya berbagai infeksi.

Bawang merah merupakan salah satu obat tradisional untuk perut kembung pada bayi lahir.

Dengan tubuh yang hangat, bayi pun menjadi lebih nyaman.

10. Oleskan Tubuh Si Kecil dengan Minyak Kayu Putih

Selain dengan bawang merah halus, pemijatan tubuh bayi yang sedang mengalami masuk angin dapat diberikan dengan olesan minyak kayu putih atau minyak telon.

Kehangatan yang diberikannya mampu memberikan sensasi nyaman bagi si kecil sehingga tidurnya menjadi lebih pulas. Dengan cukup istirahat, pemulihan dari masuk angin pun dapat berlangsung lebih cepat

Masuk angin seringkali dialami oleh bayi yang membuatnya rewel karena diakibatkan oleh lingkungannya yang kurang terjaga.

Untuk mengatasinya, menjaga kebersihan lingkungan rumah dan beberapa perawatan lainnya dapat diberikan untuk memulihkan kondisi si kecil.

Dengan beberapa cara mengatasi masuk angin pada bayi di atas, perawatan pun dapat diberikan di rumah tanpa memerlukan obat-obatan dari dokter.


Sumber:

 

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekatmu!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here