Penelitian Ilmiah! Cara Memutihkan Ketiak dengan Pasta Gigi. Ampuhkah?

Amankah Cara Memutihkan Ketiak dengan Pasta Gigi? Vamilina.com  Penampilan merupakan segala-galanya bagi setiap kaum hawa.

Mulai dari ujung rambut sampai ujung kuku kaki, bahkan sampai ketiak yang tempatnya terhimpitpun, ikut menjadi perhatian.

Kulit ketiak yang berbeda warna dengan kulit lain, menjadikan penampilan kurang percaya diri, terlebih di zaman sekarang ini, banyak model pakaian wanita tanpa lengan.

Design pakaian wanita tanpa lengan ini, pastilah menuntut Ketiak untuk mulus dan putih. Tapi bagaimana jika kulit ketiak hitam?

Malulah! Dandanan sudah kece badai, baju paling hits, masa iya pas ngangkat tangan ketiak hitam.

ada beberapa pendapat cara memutihkan ketiak dengan bahan alami, sepeti jeruk nipis kentang, dan yang paling ampuh mengunakan pasta gigi.

Benarkah cara memutihkan ketiak dengan pasta gigi ampuh?

benarkah cara memutihkan ketiak dengan pasta gigi ampuh?Sebenarnya kulit ketiak menghitam, disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

Penyebab Kulit Ketiak Berwarna Hitam

1. Mencukur atau mencabut bulu ketiak

Sebagian kaum hawa menganggap  mencukur atau mencabut bulu ketiak agar kulit mulus tanpa bulu, namun anggapan ini salah.

Justru mencabut atau mencukur bulu ketiak menyebabkan kulit ketiak menghitam. Selain itu salah dalam cara mencukur bulu ketiak akan menimbulkan iritasi.

2. Kumpulan sel kulit mati

Ketiak hitam juga disebabkan oleh sel kulit mati yang menumbuk, ini disebabkan oleh kebersihan yang kurang dijaga, ketiak jarang dibersihkan maka tidak heran ketiak menghitam dan berbau.

Untuk membersihkan sel kulit mati, kalian bisa mengunakan sabun atau scrub.

3. Deodorant

Deodarant berfungsi untuk menyamarkan bau badan, tapi jika sampai salah pilih, akan menimbulkan ketiak hitam. Jadi harus pintar memilih deodorant.

4. Faktor Genetik

Penyebab lain ketiak hitam adalah faktor genetik, bisa berasal dari kedua orang tua ataupun kakek neneknya.

Nah, sudah tau kan? Apa saja faktor faktor penyebab ketiak menghitam. Bingung pastinya ketika kulit ketiak terlanjur hitam.

Sudah banyak segala macam cara dicoba, mulai dari pamakaian masker tomat, timun, kentang, baking soda, tapi semuanya gagal, ada juga yang nyaranin buat pakai pasta gigi.

Benarkah Cara Memutihkan ketiak dengan pasta gigi Aman?

Pasta gigi merupakan kebutuhan sehari-hari, setiap rumah pasti memilikinya. Pasta gigi sendiri untuk membersihkan gigi dari sisa kotoran, dan meminimalisir bau mulut.

Di Indonesia biasanya disebut odol. Pasta gigi atau odol ini memiliki komponen, tiap komponen memiliki kegunaanya masing-masing.

Komponen dalam Pasta Gigi dan Kegunaanya

1. Fluoride

Fluoride merupakan satu senyawa yang ada di dalam pasta gigi. Menurut ahli senyawa ini berfungsi membuat gigi lebih kuat dan dilarang untuk dikonsumsi.

Senyawa fluoride adalah suatu garam fluoride yang banyak tersedia di alam seperti sodium fluoride, calcium fluoride, ammonium fluoride, magnesium fluoride,  dan masih banyak lagi.

Kegunaan mineral pada fluoride  berfungsi untuk memberikan mineral pada gigi, hal inilah yang menjadikan gigi kuat.

2. Zat Antibakteri

Triclosan merupakan zat anti bakteri yang ada di dalam pasta gigi, triclosan atau yang biasa disebut clorida berfungsi mencegah radang gusi, bau mulut dan tatar pada gigi.

3. Zat Abrasive

Zat ini untuk menghilangkan plak pada gigi, gigi berlubang dan penyakit periodental bisa diminimalisir.

Zat abrasive ini terdiri dari kalsium Karbonat (CaCO3), Aluminium Hidroksida (Al (OH) 3). zeoloit, hidroksiapatit (CA5 (PO4) 3OH).

4. Tetrasodium Pirofosfat

Zat ini merupakan bahan khusus yang bisa mencegah pengendapanmu magnesium dan kalsium pada gigi. Bahan ini bisa mencegah timbulnya plak pada gigi

5. Surfectan

SLS atau Sodium Lauryl Sulfat merupakan bahan detergen yang kerap ditambahkan pada pembuatan pasta gigi.

Bahan ini menyebabkan abrasi ringan pada gigi menjadi lebih putih, bahan ini bisa mengurangi produksi noda pada gigi karena makanan atau minuman yang menyebabkan gigi berubah warna.

Sifat deterjen sendiri membersihkan kotoran pada gigi dari sisa makanan, dan berbusa. Itulah kenapa kita dianjurkan untuk sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur.

Sedangkan terlalu sering sikat gigi juga tidak dianjurkan. Jika tertelan terlalu banyak maka akan menimbulkan iritasi pada pencernaan.

6. Natrium Karbonat (Baking Soda)

Fungsi dari baking soda untuk menambah rasa pada mulut dan menaikan pH pada mulut.

Natrium Karbonat ini bekerja dengan asam melepaskan karon dioksida (CO2) dan menambah busa yang dihasilkan saat menyikat gigi.

Baking soda dapat mengurangi jumlah asam bakteri dalam mulut yang tertinggal.

7. Hidrogen peroksida

Bahan ini membuat gigi lebih putih, dan mempunyai zat khusus untuk memutihkan gigi dan bisa menghancurkan bakteri.

Selain zat diatas pasta gigi mempunyai kandungan gula, alkohol, seperti gliserol, sorbitol, xytol, polietilenaglikol.

Strontium klorida atau kalium yang berguna mengurangi sensitif pada gigi. sensitifkah pada kulit? benarkah cara Memutihkan ketiak dengan pasta gigi, ampuhkah?

Itu dia kandungan yang ada dalam pasta gigi. Pasta gigi jika digunakan pada gigi memang menjadikan gigi putih dan kuat.

Tetapi jangan ditelan yah pasta giginya, jika tertelan terus menerus maka akan menimbulkan peradangan pada sistem pencernaan.

Lalu bagaimana jika pasta dioleskan pada kulit? benarkah cara memutihkan ketiak dengan pasta gigi ampuh? jika iya/ tidak, mengapa?

Efek Samping memutihkan Ketiak dengan Pasta Gigi

Di dalam pasta gigi tersebut mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS), sebagai surfaktan yang menyebabkan pasta gigi jika digunakan menimbulkan busa, dan bersifat detergen.

SLS sendiri merupakan surfaktan yang keras, dan bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

Bahan lain yang tidak bagus untuk kulit ialah Natrium Karbonat (baking soda), baking soda sendiri mampu menghilangkan jerawat dan noda dalam waktu singkat.

Namun, hal yang instan tidak akan bertahan lama, justru akan meninggalkan bekas dan kulit menjadi kering.

Pengunaan pasta gigi, dalam waktu lama akan merusak kulit. Pasta gigi bisa merusak jaringan kulit epidermis, sehingga kulit menipis dan menimbulkan rasa panas seperti terbakar.

Bahaya lainnya adalah timbulnya luka bakar pada kulit, karena lapisan epidermis yang bertugas sebagai pelindung kulit terluar telah rusak. Dan menyebabkan kulit mudah iritasi.

Luka bakar pada kulit akibat iritasi, sering meninggalkan bekas. Biasanya bekas luka ini berwarna hitam dan biasanya permanen. Jangan membahayakan kulit anda, sayangi kulitmu.

Kesimpulan

Jadi kandungan di dalam pasta gigi kurang bagus untuk kulit, termasuk kulit ketiakmu. malah bisa jadi kulit ketiakmu hitam permanen karena salah pilih.

Sebaiknya, jika ingin membuat kulit ketiak putih, pergilah ke klinik kecantikan terpercaya, sudah pasti yang menangani adalah dokter spesialis atau bisa juga menggunakan bahan-bahan herbal.

share yah ke sosmed kalian, ngak mau kan orang kesayangan kalian kena efek samping di atas. 🙂


Sumber: futurederm, wikipedia

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekatmu!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here