Berbahayakah keputihan? Ini Dia Penyebab Keputihan

0

Inilah 5 Hal Utama Penyebab keputihan Tanpa kita Sadari, Vamilina.comSering kali, keputihan menjadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian wanita. Keputihan atau Fluor albus merupakan sekresi vaginal pada wanita.

Menurut Ramayanti (2004) Fluor albus ialah keluarnya cairan dari vagina berwarna putih. Keputihan bukan penyakit, namun bisa mengindikasikan timbulnya suatu penyakit pada tubuh.

Jadi keputihan bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu cairan berwarna putih yang keluar dari vagina, sebagai tanda tubuh sedang berada dalam masa subur atau ovulasi. Namun, keputihan juga bisa sebagai tanda suatu penyakit.

Dalam kondisi normal, keputihan akan keluar dalam bentuk kental, berwarna putih bening atau putih keruh, tidak berbau dan tidak menimbulkan gatal.

Sedangkan keputihan abnormal biasanya ditandai dengan keluarnya cairan berlebih, berwarna putih seperti susu basi atau berwarna hijau, berbau busuk dan perih.

Jenis-Jenis Keputihan

Secara medis, keputihan dibagi menjadi 2 yaitu, keputihan normal atau fisiologis dan keputihan abnormal atau patologis.

Keputihan Normal

Keputihan normal, ditandai dengan keluarnya cairan putih bening dari area intim wanita. Biasanya tidak berbau, tidak menimbulkan gatal, dan keluar dalam jumlah sedikit. Hal ini, akan terjadi sebelum dan sesudah menstruasi, atau saat masa subur.

Keputihan normal tidak berpengaruh pada kesehatan maupun janin. Jadi tidak perlu khawatir jika keputihan datang, karena itu adalah hal alami.

Keputihan wajar atau fisiologis timbul akibat proses siklus reproduksi pada wanita, keputihan ini, terjadi akibat pengaruh hormon estrogen dan progesteron yang dihasilkan saat masa ovulasi.

Meskipun tidak berpengaruh terhadap kesehatan, keputihan menimbulkan rasa kurang nyaman sehingga mengurangi kepercayaan diri.

Saat kondisi kondisi tertentu, wanita akan mengalami keputihan normal. Diantaranya pada waktu:

  1. Menjelang atau sesudah haid
  2. Saat masa subur
  3. Melahirkan bayi
  4. Saat mendapatkan haid pertama
  5. Mengidap penyakit tahunan/ kronik
  6. Terangsang
  7. Kontrasepsi pil

Keputihan Tidak Normal

Organ reproduksi merupakan organ paling sensitif, harus di rawat dan di jaga kebersihannya. Karena tempatnya terhimpit dan tertutup , membuat vagina lembab, sehingga bakteri dan jamur berkembang biak dengan mudah.

Setelah bakteri dan jamur berkembang biak, maka keputihan abnormalpun bisa terjadi pada siapapun

Keputihan tidak normal atau patologis biasanya menimbulkan gatal, baik di luar vagina maupun di dalam vagina. Keputihan jenis ini, biasanya menandakan adanya infeksi atau penyakit di tubuh. Agar Anda waspada, ketahuilah keputihan abnormal ini.

Ciri-ciri keputihan abnormal

  • Warna cairan bukan putih kental
  • Cairan encer, berbau amis dan berbau busuk
  • menimbulkan gatal, nyeri dan perih
  • Cairan berwarna abu-abu, kehijauan atau kekuningan

Penyebab keputihan abnormal

  • Kelelahan fisik
  • Ketengan psikis
  • Stress
  • Kebersihan diri sendiri dan lingkungan

Untuk mewaspadai keputihan abnormal, sebaiknya kenali terlebih dahulu ciri-ciri keputihan berbahaya dibawah ini!

  • Cairan normal, namun gatal.

Infeksi Jamur pada vagina biasanya ditandai dengan keputihan berwarna putih, tidak menimbulkan bau. namun, terasa gatal dan terasa sakit disekitar miss V, selain itu ketika berhubungan seksual akan terasa sakit.

  • Cairan encer dan amis

Bakteri Vaginosi, akan menyebabkan keputihan keluar dengan lebih encer serta berbau amis, cairan biasanya berwarna abu-abu. akibatnya di area vagina mengalami pembekakan, gatal dan bau amis

  • Cairan Hijau dan berbuih

Trichomonas, Keputihan berwarna hijau, abu-abu, kuning dan berbuih, disebabkan oleh jamur Trichomonas vaginalis. Penderita biasanya mengalami nyeri, perih dan gatal saat buang air kecil karena iritasi.

Hati-hati jika anda mengalami ini, karena bakteri ini menyebabkan penyakit menular seksual

  • Cairan berwarna coklat bercampur darah

Menstruasi tidak teratur, menjadi pemicu kebanyakan orang mengalami keputihan ini. Selain karena menstruasi tidak teratur, kalian perlu berkonsultasi pada dokter. Karena bisa jadi ini adalah indikasi kanker serviks

5 Penyebab Keputihan pada Wanita

Keputihan pada wanita bukan tanpa sebab, keputihan bisa terjadi karena pola hidup yang kurang sesuai. Penyebab keputihan, pada wanita antara lain:

1. Mengunakan Celana ketat

Celana ketat atau celana jeans sekarang ini menjadi suatu trend, banyak kaum muda mudi yang tertarik mengenakan celana ketat demi penampilan.

Namun, tahukah anda?

Celana ketat menghambat udara yang masuk ataupun keluar, sehinga kringat sulit terserap. Akhirnya bagian miss V lembab. Ini memudahkan jamur dan bakteri berkembang biak dengan mudah.

2. Jarang berolahraga

Salah satu penyebab timbulnya keputihan adalah jarang berolahraga, hal ini karena hormon yang ada di tubuh tidak berjalan.

Dengan berolahraga yoga, anda bisa mencegah keputihan. Karena dalam gerakan yoga bisa melancarkan peredaran darah.

3. Penggunaan cairan pembersih miss V

Produk pembersih kewanitaan, dapat membunuh bakteri baik pada vagina. Pada dasarnya, vagina bisa membersihkan diri sendiri. Selain itu, pengunaan produk pembersih kewanitaan dapat mempengaruhi keasaman pada miss V. sehingga bakteri baik akan hilang, dan bakteri jahat akan mudah menyerang.

4. Stress dan kelelahan

Lelah dan stress menyebabkan hormon adrenalin akan meningkat, dan menyebabkan pembuluh darah menyempit. Ketika pembuluh darah menyempit, aliran estrogen ke vagina terhambat dan menyebabkan keputihan

5. Kadar Gula Darah tinggi

Waspadalah, ketika Anda sering buang air kecil dan terus menerus keputihan disertai rasa gatal. Bisa jadi, Anda terkena diabetes melitus.

Ketika kadar gula dalam darah tinggi, daya tahan tubuh akan menurun. Sehingga tubuh tidak mampu melawan bakteri dan jamur yang menyerang.

Jika tidak segera ditangani, keputihan abnormal bisa membahayakan diri sendiri dan pasangan. Segeralah konsultasikan ke doker apabila anda mengalami keputihan abnormal dengan ciri-ciri di atas.

Cara mencegah keputihan tidak normal

Untuk menghindari keputihan tidak normal yang dapat membahayakan, ada baiknya kalian mengatahui cara mencegah keputihan tidak normal dibawah ini.

  • Hindari menggunakan celana ketat.
  • jangan menggunakan pembersih kewanitaan, jika ingin membersihkan miss V cukup basuk dengan air bersih
  • Konsumsi makanan sehat
  • rajin menganti pembalut saat mentruasi
  • Jangan terlalu sering berendam di air panas
  • Rutinlah berolahraga

Jika kita sudah tau penyebab dan bahayanya, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jagalah kebersihan diri, agar terhindar dari penyakit yang tidak di inginkan.

Sumber:

Ramayanti. Pola Mikroorganisme Fluor albus Patologis yang disebabkan oleh Infeksi pada Penderita Rawat Jalan di Klinik. 2004. Tesis/FK UNDIP;Semarang.

https://id.wikipedia.org/wiki/Keputihan

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekatmu!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here